Beautiful Flower

Beautiful Flower
from country living website

Friday, October 29, 2010

Tomat Bersahabat dengan Cabai

Tomat adalah buah favorit saya. Eh bentar, buah atau sayur ya? Tomat itu buah, saudara-saudara, karena saya sudah menemukan referensinya di Yahoo! Answers ^_^ Memang si tomat ini sering ada di tukang sayur, makanya banyak yang bingung menyebutkan tomat ini sebagai sayur.

Okay, back to laptop, eh salah, back to tomat ^_^ Dalam cuaca yang tidak menentu (baca: ekstrem) seperti ini, kadang tidak mudah menemukan sayur dan buah yang kita inginkan. Kalau ada, mungkin harganya bisa lebih mahal dari pada biasanya. Nah, sudah beberapa minggu ini saya ingin membeli tomat di supermarket/hypermarket sekalian berbelanja yang lainnya tapi tidak ada stock. Kata staf yang di sana, mereka sudah order tapi belum dikirim dan itu bisa jadi karena pengaruh cuaca yang ekstrem akhir-akhir ini. Huuu…kecewa deh, secara saya juga belum beli tomat ke pasar di deket kos atau ke abang sayur yang suka mangkal di taman sana. Dan akhirnya tadi pagi saya sempat mampir ke lapak tempat si ibu yang jadi langganan saya beli tomat. Saya beli 1 kilo tomat, ¾ kg buncis, dan 1 ons cabai. 

Kenapa saya suka tomat? Hmmm…tidak mudah untuk dijawab. Apakah karena tomat itu bermanfaat (sangat bermanfaat) buat kesehatan kita? Atau karena saya sering melihat papa saya ngemil tomat dengan gula kemudian saya jadi ikut-ikutan? Sebenarnya saya tidak suka memakan tomat begitu saja atau dicampur dengan gula seperti yang papa lakukan. Saya suka tomat yang dicampurkan ke dalam mie, sambal, atau dimakan sebagai lalapan bersama lauk yang lain. Kalau jus tomat saya juga suka, the point is that I like tomato a lot! ^_^

Bicara tentang sambal, tentu itu berkaitan dengan cabai dan selera masyarakat Indonesia yang (sangat) akrab dengan rasanya yang pedas dan menggugah selera itu. Beberapa hari yang lalu saya beli pecel lele dan minta sambalnya 2 bungkus. Nah, sambal pecel lele itu menggunakan tomat, juga ada sambal – sambal yang lain (maaf saya hanya tahu sambal terasi dan belum sambal yang lain karena belum pernah membuatnya tapi sering memakannya hehe…). Wah, rasanya enak! Dan saya semakin jatuh cinta dengan tomat tentunya ^_^

Jadi, kenapa tomat bersahabat dengan cabai? Apakah karena mereka bisa membentuk Mr Smile seperti di foto? Hehe…itu hasil keisengan saya siang ini di kantor ^_^ Tapi yang pasti, tomat dan cabai sama – sama bermanfaat buat kesehatan kita asalkan jangan berlebihan ya makannya, nanti perutnya panas kalau kebanyakan cabai. Kalau kebanyakan tomat saya belum pernah tahu efeknya apa. Lagipula, makan buah dan sayur kan perlu dikombinasi dengan yang lain juga supaya memberikan manfaat bagus buat kesehatan kita.

Okay, it’s time to go home now and put my tomato in the refrigerator to keep it fresh until the next day ^_^ Have a great weekend yaaa (karena ini ditulis pada hari Jumat 29 Oktober 2010 hehe…)

No comments:

Post a Comment